Bagaimana Ke Sabang

Untuk dapat menginjakan kaki di pulau paling barat Indonesia yaitu pulau Sabang dapat ditempuh dengan  melalaui jalur udara dan jalur laut.

        

Hanya memerlukan waktu sekitar satu 1,5 jam saja dari bandara Kualanamu Medan menuju bandara Maimun Saleh Sabang jika perjalanan ditempuh dengan melalui jalur udara. Penerbangan dari Medan menuju Sabang maupun sebaliknya hanya ada setiap hari Selasa, Kamis, Jum’at dan Minggu, dan hanya ada dua maskapai yang melayani penerbangan ini yaitu Garuda Indoneisa dan Wings Air.

 

Jika menggunakan jalur laut dapat ditempuh melalui Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.  Adapun  angkutan penyeberangan yang dapat dipilih yaitu Kapal Motor Express dan Kapal Roro Ferry yang akan mengantarkan anda ke Pelabuhan Balohan, Sabang. Kapal Motor Express yang lebih dikenal dengan sebutan “kapal cepat” dioperasikan oleh pihak swasta dengan armada KM Cantika 89, Bahari 89 dan Bahari 2F . Kapal yang hanya melayani penyeberangan penumpang ini membutuhkan waktu ±45 menit untuk sampai ke Balohan. Jika ingin menyeberang dengan membawa kendaraan seperti mobil atau motor maka kapal Roro Ferry adalah pilihan yang tepat. Kapal Roro Ferry yang biasa disebut dengan “kapal lambat” membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk sampai ke pelabuhan Balohan dari pelabuhan Ulee Lheue.  Untuk jadwal penyeberangan, hanya ada 2 kapal cepat yang beroperasi pada pukul 10.00 & 16.00 WIB setiap hari Senin – Kamis dan pada hari Jum’at – Minggu ada satu kapal tambahan pada pukul 08.00 WIB, sehingga penyeberangan menjadi 3 kali sehari. Sedangkan kapal lambat beroperasi 3 kali sehari setiap harinya pada pukul 08.00, 10.00 & 16.00 WIB.

Jadwal tersebut dapat berubah sewaktu – waktu tergantung situasi dan kondisi cuaca. Jika cuaca buruk maka frekuensi keberangkatan akan berkurang bahkan di tiadakan dan jam keberangkatan juga tidak pasti. Hal ini juga berlaku untuk hari – hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri, Imlek, HUT RI, peringatan tsunami (26 Desember) dan hari – hari besar lainnya.