Bea Cukai Dukung Industri Pariwisata di Kawasan Bebas Sabang

BEA CUKAI SABANG DUKUNG INDUSTRI PARIWISATA DIKAWASAN BEBAS SABANG


     Rabu, 01 Agustus 2018 telah diselenggarakan acara Komunikasi dan edukasi yang dihadiri oleh 15 perusahaan yang bergerak dibidang industri pariwisata dan beberapa perusahaan agen pengangkutan yang berada di wilayah Sabang. Komunikasi dan edukasi ini berbentuk sosialisasi dengan mengangkat tema “Bea Cukai Dukung Industri Pariwisata di Wilayah Bebas Sabang”.

     Dalam kegiatan sosialisasi ini, Bea Cukai Sabang menggandeng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, serta Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Aceh yang secara sinergi bersama sama berupaya untuk meningkatkan potensi industri pariwisata di Kawasan Bebas Sabang.

       Dalam sambutan Kepala KPPBC TMP C Sabang, menyampaikan pesan terkait implementasi dari kegiatan sosialisasi ini yang tidak hanya sampai pada pertemuan sosialisasi saja, melainkan segera mengimplementasikan upaya upaya dalam mengoptimalkan terhadap fasilitas kepabeanan dan cukai yang diberlakukan pada wilayah bebas Sabang agar dapat dimanfaatkan oleh perusahaan perusahaan guna kemakmuran masyarakat khususnya pertumbuhan ekonomi pada sektor pariwisata.

      Acara sosialisasi yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam bertempat di Aula lantai 2 KPPBC TMP C Sabang, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan mengawali pemaparan selayang pandang profil KPPBC TMP C Sabang dan esistensinya kepada para pengguna jasa, sekaligus dilaksanakan pra survey kepuasan pengguna jasa. survey dimaksudkan untuk mengetahui masukan dari pengguna jasa kepabeanan dalam penyempurnaan kualitas layanan pada KPPBC TMP C Sabang.

      Dilanjutkan pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, Bpk. Faisal S.Sos MAP terkait potensi potensi pariwisata yang bisa dikembangkan melalui unsur pendukung dan sektor pendukung pariwisata untuk menumbuhkan ekonomi kreatif. Dalam kesempatannya juga bliau memaparkan berbagai even yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, baik even lokal maupun internasional yang dapat dijadikan media dalam peningkatan industri pariwisata.


     Dalam rangkaian acara sosialisasi ini, juga terdapat pemaparan materi terkait Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, tata cara pemasukan barang, perijinan, pos lalu bea, dsb, yang secara bergilir disampaikan oleh kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas I, Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Bimbingan Masyarakat, Kanwil DJBC Aceh serta Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan Cukai dan Dukungan Teknis, dan Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC TMP C Sabang.

      Para pengguna jasa tampak sangat antusias mengikuti acara sosialisasi ini, terbukti banyaknya pertanyaan yang dilontarkan dari pengguna jasa yang mayoritas merupakan pengusaha pengusaha yang begerak dibidang pariwisata yang selama ini belum memahami secara menyeluruh terkait kepabeanan dan cukai termasuk fasilitas yang diberikan untuk Kawasan Bebas Sabang.

      Acara ditutup tepat pukul 12.30. yang sebelumnya dilaksanakan foto bersama.

#BeaCukaiMakinBaik
#SABANGKMNOLSatuMisiBanggaMengabdi

Bea Cukai Makin Semakin Baik