BEA CUKAI SABANG KEMBALI LUNCURKAN LAYANAN ONLINE

Sabang, 27 Juni 2019.
Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai bidang saat ini sangat memudahkan masyarakat guna memenuhi berbagai macam kebutuhannya. Termasuk dalam mendapatkan kebutuhan pelayanan barang dan jasa. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam hal ini Kantor Bea Cukai Sabang sebagai instansi vertikal DJBC dibawah Kementerian Keuangan memberikan pelayanan kepabeanan di Kawasan Bebas Sabang terus berupaya untuk memberikan kemudahan-kemudahan pelayanan kepada para pengguna jasa di bidang kepabeanan dan cukai.
Layanan perizinan seperti Izn Timbun,Izin Bongkar dan Izin Muat akan dilayani secara online melalui aplikasi yang dinamakan ION SABANG. ION SABANG menambah daftar pelayanan online yang dimiliki oleh Bea Cukai Sabang. Dimana sebelumnya Bea Cukai Sabang telah menerapkan aplikasi aplikasi layanan online seperti Pelayanan Yachter, Billing System dan FTZ Manifest.
Menurut Hanif Adnan Zunanto, Kepala Kantor Bea Cukai Sabang ”Layanan Perizinan Online ini telah di terapkan oleh Bea Cukai Batam, yang kemudian Bea Cukai Sabang melakukan penerapan yang sama karena Sabang dan Batam menerapkan sistem Kawasan bebas. Kedepan, layanan online ini akan terus di kembangkan seiring berkembangnya era digitalisasi yang dapat mendorong kemajuan Sabang”
Didasarkan atas Keputusan Kepala Bea Cukai Sabang nomor KEP-49/WBC.01/KPP.MP.01/2019 tentang Penggunaan Aplikasi Pelayanan Izin Online BC Sabang (ION-SABANG) yang akan di terapkan secara penuh pada tanggal 08 Juli 2019, dan uji coba telah di terapkan sejak 24 Mei 2019. Aksesnya melalui website Bea Cukai Sabang di www.bcsabang.beacukai.go.id/perizinan
Kamis pagi, 27 Juni 2019, Sosialisasi penerapan ION SABANG di berikan kepada para pengguna jasa kepabeanan di sela-sela kegiatan Coffee morning yang di hadiri oleh Wakil Kepala BPKS, Bapak Islamuddin dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi Kecil Menengah Kota Sabang, Bapak M.Yusra serta Kepala KP2KP Sabang, Bapak Firman Ibrahim. Disamping itu terdapat hadir unsur media.
“Diharapkan layanan online ini dapat memberikan kemudahan bagi Importir/PPJK/Pengangkut, mereka tidak perlu repot harus datang ke kantor Bea Cukai, sebab aplikasi online ini dapat diakses dari tempat masing-masing, namun pengguna jasa yang hendak menggunakan musti terdaftar dulu, sebagai alat kontrol kami”, Ucap Hanif Adnan Zunanto.
Dalam sambutan Wakil Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang menyampaikan pentingnya sinergi seluruh pihak agar untuk memajukan Sabang, menciptakan investasi investasi industri yang dapat mendongkrak perekonomian tidak hanya di kota Sabang, melainkan juga untuk Aceh yang berpengaruh pada kemakmuran rakyat Indonesia.
coffee morning dengan nuansa rileks disertai kegiatan diskusi dan tanya jawab menjadikan kegiatan semakin efektif guna menjalin kemitraan antara Bea dan Cukai dengan para stakeholders dan para pengguna jasa.
Sebelum ditutup kegiatan coffee morning, dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama Anti Korupsi, Pungli dan Gratifikasi, yang sebelumnya dipaparkan terkait korupsi, pungli dan gratifikasi.
Dengan demikian mulai tanggal 08 Juli 2019, ION SABANG akan di terapkan secara penuh. Dan diharapkan semua pengguna jasa yang akan melakukan kegiatan bongkar, timbun dan muat di luar Kawasan pabean yang di tetapkan agar melakukan pendaftaran di website www.bcsabang.beacukai.go.id/perizinan dan dalam hal menjumpai kendala dapat menghubungi Layanan Informasi Bea Cukai Sabang di hotline 0811-6801-225 atau datang langsung ke KPPBC TMP C Sabang Jalan Diponegoro No. 19 Kota Sabang.
Upaya KPPBC TMP C Sabang secara terus menerus mengembangkan aplikasi aplikasi layanan kepabeanan secara online diharapkan dapat berdampak pada peningkatan iklim usaha di Wilayah Sabang. Tentunya Bea Cukai Sabang memerlukan dukungan dari masyarakat dan para stakeholder untuk menjadikan Bea Cukai Semakin Baik.
#beacukaimakinbaik
#satumisibanggamengabdi
#sabangnyaman
HUMAS BC SABANG