Dari Kami, Oleh Kami, untuk IKM Kota Sabang

Kamis (8/6), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sabang mengadakan kegiatan sosialisasi kepabeanan kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM).  Kegiatan ini diikuti oleh pemilik industri kecil dan menengah di kota Sabang.  Acara ini mendapat dukungan penuh dari Kantor Wilayah DJBC Aceh dengan menghadirkan Bapak Erwindra Rachmawan selaku Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan Kanwil DJBC Aceh sebagai pembicara dalam sosialisasi tersebut.

Acara dibuka dengan penyampaian kata sambutan oleh Kepala KPPBC TMP C Sabang, Bapak Koen Rachmanto.  Pada sambutan tersebut, beliau menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya sosialisasi adalah untuk menjalin silaturahmi antara Instansi Pemerintah selaku fasilitator dunia usaha dengan pelaku usaha kecil dan menengah.  Selain itu, tujuan sosialisasi juga sebagai media edukasi dan informasi kepada para pelaku usaha kecil dan menegah bahwa Bea dan Cukai siap untuk mengasistensi kegiatan industri kecil dan menengah.

Sosialisasi menghadirkan lima narasumber.  Narasumber pertama dari BPKS yang diwakili oleh Kepala Pelayanan Terpadu Satu Pintu BPKS, Bapak Syarjani, S.T. dengan tema sosialisasi “Peran BPKS dalam Pelayanan Perizinan dan Usaha di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang.”  Narasumber kedua dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UKM Kota Sabang yang diwakili oleh Bapak M. Yusra dengan tema sosialisasi “Teknik Pengembangan Usaha dan Manfaat Impor-Ekspor di Kalangan Industri Kecil dan Menengah.” Narasumber ketiga yaitu perwakilan dari Tim Rumah Kreatif BUMN, Bapak M. Wahidi dengan tema sosialisasi “Membimbing UKM Menuju Era Digitalisasi.”  Narasumber keempat yaitu perwakilan dari Bank Syariah Mandiri Kota Sabang, Bapak Machyal Firdaus dengan tema sosialisasi “Pembiayaan Mikro Bank Syariah Mandiri.”  Dan narasumber terakhir yaitu perwakilan dari Kantor Wilayah DJBC Aceh, Bapak Erwindra Rachman dengan tema sosialisas “Pengembangan dan Penguatan Industri Kecil dan Menengah.”  Setelah pemaparan kelima materi dari kelima narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Kepala Seksi PKCDT, Bapak Eryanto selaku moderator.

Di penghujung acara, diadakan sesi serah terima cinderamata oleh Kepala KPPBC TMP C Sabang kepada para narasumber sebagai ucapan terimakasih atas kerjasama dan upaya yang telah dilakukan untuk memajukan industri kecil dan menengah di Kota Sbang.  Dari kami, oleh, kami, untuk masyarakat Indonesia.