Kemenkeu Mengajar 3 Sabang

         

          Dalam rangka peringatan Hari Oeang Ke-72, segenap pegawai dari beberapa unit eselon 1 di lingkungan kementerian keuangan mengadakan kegiatan “Kemenkeu Mengajar” yang merupakan kegiatan mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar (SD). Kegiatan Kemenkeu Mengajar yang telah memasuki tahun ketiga ini, diselenggarakan serentak pada hari Senin, 22 Oktober 2018 di 67 Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia. Dengan mengusung tema “Berbagi pada anak bangsa, menginspirasi hingga penjuru negeri”, kegiatan ini bersifat sukarela dan seluruh pembiayaannya tidak dibebankan pada APBN, melainkan ditanggung oleh masing-masing relawan yang mendaftarkan diri.

Kepala KPPBC TMP C Sabang, Bapak Koen Rachmanto menjadi pembina Upacara di SD Negeri 10 Sabang

          Sabang merupakan salah satu Kota yang dijadikan lokasi penyelenggaraan kegiatan Kemenkeu Mengajar bertajuk Kemenkeu Mengajar 3 Sabang. Sebanyak kurang lebih 50 orang yang terdiri dari panitia, relawan pengajar, dan relawan dokumentator dari beberapa instansi (unit eselon I) yang bernaung di bawah Kementerian keuangan, hadir di kota penjuru barat Indonesia untuk berbagi ilmu pada anak bangsa dan menginspirasi siswa-siswi melalu kegiatan kemenkeu mengajar. Sekolah yang dijadikan lokasi mengajar antara lain SD Negeri 1 Sabang yang bertempat di jalan Oentoeng Surapati Kota Sabang dan SD Negeri 10 Sabang yang bertempat di jalan Agus Salim Kota Sabang.

 

        

 

 

 

 

 

 

        Sehari sebelum melaksanakan kegiatan mengajar di sekolah-sekolah, para relawan melaksanakan Briefing di Aula Kantor Bea Cukai Sabang guna membahas metode pembelajaran yang tepat bagi anak-anak, materi pembelajar yang akan diajarkan, bagaimana cara menarik perhatian anak-anak, dan apa yang harus dilakukan agar anak-anak tidak mudah merasa bosan dengan kegiatan tersebut. Materi pembelajaran yang diajarkan meliputi pengenalan profesi pegawai kementerian keuangan, peran kementerian keuangan dalam mengelola keuangan negara, struktur dan sumber APBN secara sederhana, dan nilai-nilai kementerian keuangan.

       

 

 

 

 

 

 

          Pada hari kegiatan mengajar, para relawan pengajar yang berperan sebagai guru mengajak anak-anak bermain sambil belajar sekilas tentang kementerian keuangan. Metode pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan dan kuis membuat anak-anak merasa senang dan antusias ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Usai mengajar, para relawan melakukan refleksi dan evaluasi atas kegiatan mengajar yang telah dilaksanakan di dua sekolah di Kota Sabang.

 

          Bapak Arif Tri Handoko selaku Kepala Seksi KIP KPPBC TMP C Sabang bersama Ibu Desiana selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sabang

          Kegiatan Kemenkeu Mengajar 3 Sabang tentunya tak lepas dari dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sabang, Ibu Desiana selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sabang turun berperan penting dalam penyelenggaraan kegiatan Kemenkeu Mengajar di Kota Sabang dengan memberi arahan dan saran mengenai materi pembelajaran yang tepat untuk anak-anak dan membantu mengoordinasikan kegiatan Kemenkeu Mengajar kepada pihak sekolah yang dijadikan sebagai lokasi kegiatan mengajar.

         Melalui kegiatan Kemenkeu Mengajar ini, diharapkan agar pegawai kementerian keuangan dapat menularkan semangat, ilmu, dan inspirasi kepada siswa-siswi sekolah dasar guna memberi pemahaman kepada anak-anak tentang profesi dan peran pegawai kementerian keuangan serta memotivasi anak-anak yang merupakan tunas-tunas harapan bangsa untuk dapat berkontribusi kepada negara dan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang.