Monitoring Harga Transaksi Pasar BKC Hasil Tembakau

 Cukai merupakan salah satu sumber penerimaan negara dari sektor perpajakan yang cukup berpengaruh jumlahnya terhadap Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN). Dalam rangka mengoptimalkan penerimaan negara khususnya di bidang cukai, perlu dilakukan optimalisasi Pelayanan, Pengawasan, serta Bimbingan Teknis di Bidang Cukai.

Masyarakat belum sepenuhnya paham mengenai bentuk pelanggaran di bidang cukai serta dampak yang timbul dari pelanggaran tersebut, sehingga perlu adanya kegiatan komunikasi yang bersifat informatif guna memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai pengaruh cukai terhadap penerimaan negara dan Dampak buruk pelanggaran di bidang cukai.

KPPBC TMP C Sabang Selaku Organisasi yang bertugas melakukan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai, melaksanakan Monitoring Harga Transaksi Pasar Barang Kena Cukai khususnya pada Produk Hasil Tembakau di Wilayah Kecamatan Pulo Aceh , Kabupaten Aceh besar, Rabu 27 Juni s.d Jumat 29 Juni 2018. Tim melakukan serangkaian kegiatan yang meliputi Pendataan Penjual Eceran BKC Hasil Tembakau, Melakukan pemantauan Harga BKC Hasil Tembakau, serta melakukan sosialisasi dampak buruk cukai ilegal.

Salah satu bentuk dukungan dalam rangka mengoptimalkan penerimaan negara dan mengurangi usaha pelanggaran di bidang cukai adalah melakukan upaya preventif dengan cara memberi informasi kepada masyarakat khususnya subjek cukai (penjual eceran BKC) guna menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pengaruh cukai terhadap kemajuan negara.