Otomasi Layanan CEISA FTZ Diberlakukan Penuh Per 01 Oktober 2019

“Bea Cukai Sabang akan terus menjadi trade fasilitator bagi pengusaha pengusaha di Sabang, guna memberikan kontribusi perdagangan dengan menciptakan iklim usaha yang sehat untuk Sabang maju dan Sabang makmur”, tutur Hanif Adnan Zunanto, Kepala Kantor Bea Cukai Sabang di sela pembukaan kegiatan Sosialisasi dan Asistensi Otomasi Layanan CEISA-FTZ dokumen PPFTZ-01, PPFTZ-02 dan PPFTZ-03, yang digelar Bea Cukai Sabang pada Kamis pagi 22 Agustus 2019 yang lalu.

Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai bidang saat ini sangat memudahkan masyarakat guna memenuhi berbagai macam kebutuhannya. Termasuk dalam mendapatkan kebutuhan pelayanan barang dan jasa. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam hal ini Kantor Bea Cukai Sabang sebagai instansi vertikal DJBC dibawah Kementerian Keuangan memberikan pelayanan kepabeanan di Kawasan Bebas Sabang terus berupaya untuk memberikan kemudahan-kemudahan pelayanan kepada para pengguna jasa di bidang kepabeanan dan cukai

“Seluruh layanan unggulan bea cukai sabang sudah online, yachter untuk Impor kapal wisata asing, FTZ Manifest untuk layanan manifest, ION Sabang untuk layanan ijin bongkar timbun dan muat, Billing system untuk pembayaran bea masuk dan pajak pajak, dan CEISA-FTZ untuk layanan dokumen pemasukan dan pengeluaran barang dari Kawasan Bebas Sabang yaitu dokumen PPFTZ-01, PPFTZ-02 dan PPFTZ-03”, demikian paparan Fajar Suryanto, Pelaksanan Harian Kepala Seksi Kepabeanan Cukai dan Dukungan Teknis Bea Cukai Sabang.

Berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Pengawasan danPelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sabang Nomor KEP-91/WBC.01/KPP.MP.01/2019 Layanan CEISA-FTZ mulai diterapkab diterapkan penuh pada 01 Oktober 2019. Yang sebelumnya diujicobakan mulai 01 September 2019 yang lalu. CEISA-FTZ ini melengkapi daftar dari otomasi layanan online yang dimilki oleh Bea Cukai Sabang.

Diharapkan seluruh layanan online ini dapat memberikan kemudahan bagi masyrakat, yang tidak perlu repot lagi harus datang ke kantor Bea Cukai, sebab aplikasi CEISA-FTZ ini dapat diakses dari tempat masing-masing, namun demikian, sebagai alat kontrol bagi Bea Cukai Sabang, Pengguna Jasa untuk dapat akses kedalam aplikasi online tersebut, tetap diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. 
Melengkapi kebutuhan informasi dan permasalahan yang dialami masyarakat terkait Kepabeanan dan Cukai, Bea Cukai Sabang memiliki fasilitas media konsultasi dan informasi yang disebut Sabang Customs Cllinic. Fasilias baru yang dimiliki Bea Cukai Sabang ini dinamakan SCunic, keberadaannya sebagai media konsultasi dan informasi yang berperan sebagai detektor permasalahan yang muncul baik dari internal maupun eksternal. “SCunic diharapkan mampu untuk menampung semua keluhan, permasalahan dan memberikan solusi yang terbaik untuk peningkatan kualitas layanan, silahkan datang atau cukup menghubungi SCUNIC atau di hotline 0811-6801-225” kata Hanif

Upaya KPPBC TMP C Sabang secara terus menerus mengembangkan aplikasi aplikasi layanan kepabeanan secara online diharapkan dapat berdampak pada peningkatan iklim usaha di Wilayah Sabang. Tentunya Bea Cukai Sabang memerlukan dukungan dari masyarakat dan para stakeholder untuk menjadikan Bea Cukai Semakin Baik.

#beacukaimakinbaik
#satumisibanggamengabdi
#sabangnyaman
HUMAS BC SABANG