SINERGI DENGAN INSAN PERS, BC SABANG SELENGGARAKAN WORKSHOP JURNALISTIK

Bea Cukai Sabang tingkatkan kompetensi pegawai di segala bidang, salah satunya kompetensi jurnalistik. “Seluruh insan bea cukai adalah sebagai humas bea cukai, jadi sebagai pelayan publik kita musti bisa memberikan informasi atau pemberitaan secara valid, baik, beretika dan dengan menggunakan bahasa bahasa yang santun“. Ungkap Hanif Adnan Zunanto, Kepala Bea Cukai Sabang dalam sambutannya di sela kegiatan workshop Jurnalistik Selasa pagi 05 November 2019 kemarin di Kantor Bea Cukai.

Workshop Jurnalistik yang digelar oleh Bea Cukai Sabang dikuti oleh seluruh pegawai bea cukai Sabang, dengan narasumber dari Tim Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sabang.

Tujuan dari penyelenggaraan workshop jurnalistik ini , selain merupakan kegiatan sinergi dengan insan pers khususnya wartawan, juga bertujuan untuk memberikan keterampilan dan kemampuan pegawai dalam ilmu jurnalistik, menulis berita, artikel, rubrik dan sebagainya.

Tim PWI Kota Sabang melaksanakan praktik secara langsung dengan membuat simulasi pers konference, dimana para pegawai seolah olah menjadi jurnalis yang dituntut menyerap peristiwa/sumber berita, mengolah dan menyajikan  dalam bentuk narasi pemberitaan. Simulasi ini mendapat antusias dari para pegawai, dan “sebagaian besar pegawai telah memiliki bakat dalam menulis“ tutur Hendra Handyan. Ketua PWI Kota Sabang.

kepala seksi kepatuhan internal dan penyuluhan, Handoko saat diwawancarai RRI kamis pagi menerangkan “Di zaman sekarang ini, penyampaian informasi yang benar, valid, tepat dan akurat itu, merupakan hal yang perlu digaris bawahi. Apa lagi dewasa ini informasi hoax yang ga jelas darimana sumbernya banyak beredar di masyarakat. Jadi melalui workshop jurnalistik, kita upayakan meredam hal-hal demikian”

Program Peningkatan Kompetensi merupakan progran Bea Cukai Sabang dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan para pegawai agar dapat memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, khususnya terhadap kehumasan. Sebelumnya beberapa pegawai kita juga telah dibekali pelatihan fotography, cinematography dan design grafis pada beberapa pekan lalu.

“Kami sangat senang dapat berbagi ilmu jurnalistik dengan rekan-rekan Bea Cukai Sabang, dan saya berharap bahwa kerjasama ini akan terus terjalin. Kami juga sangat terbuka jika rekan-rekan sekalian ingin berdiskusi atau mengetahui lebih lanjut mengenai dunia jurnalistik” tambah Bapak Hendra saat menutup materi.

#beacukaimakinbaik

#satumisibanggamengabdi

#sabangnyaman