Sosialisasi : Asistensi Penyampaian RKSP /JKSP dan Inward Manifest

 

Senin, 28 Mei 2018, bertempat di Pos Pengawasan Bea Cukai Pelabuhan Penyebrangan Balohan, Bea Cukai Sabang mengadakan Sosialisasi kepada beberapa pengguna jasa dengan Pokok pembahasan Asistensi Penyampaian RKSP / JKSP dan Inward Manifest.

Sosialisasi berbentuk Asistensi tersebut dihadiri oleh pengguna jasa yang memiliki kepentingan di bidang pengangkutan khususnya sarana pengangkut laut di pelabuhan penyebrangan Balohan Sabang. Bapak Fajar Suryanto selaku Kepala Seksi Perbendaharaan yang menangani Pelayanan RKSP dan Manifes, menjadi Narasumber dalam kegiatan kali ini. Beliau memaparkan beberapa cara yg dapat digunakan oleh pengguna jasa untuk mempermudah proses penyampaian RKSP dan Inward Manifes atas sarana pengangkut laut di pelabuhan penyebrangan Balohan.

Sebagai Informasi tambahan, RKSP adalah rencana kedatangan sarana pengangkut yang wajib disampaikan oleh pengangkut ke Kantor Pabean. Sedangkan, Inward Manifest adalah daftar muatan barang niaga yang diangkut oleh sarana pengangkut pada saat memasuki kawasan pabean dan wajib disampaikan ke kantor pabean.

Dua jenis pemberitahuan pabean sebagaimana dimaksud di atas adalah kewajiban mutlak yang menjadi tanggung jawab pengangkut atas sarana pengangkut yang memasuki kawasan pabean. Dengan dilakukannya Edukasi dan Komunikasi, diharapkan para pengguna jasa dapat lebih memahami apa saja yang menjadi tanggung jawabnya dan juga membantu mempermudah pengguna jasa dalam memenuhi kewajiban pabeannya dengan cara menjelaskan kepada mereka tentang tata cara pemenuhan kewajiban pabean di kantor pabean.

Ayo laksanakan kewajiban secara legal, karena “Legal Itu Mudah”.

Bea Cukai Sabang.

Satu Misi Bangga Mengabdi,

Kami Melayani dengan Netral, Objektif, dan Legal.