Uji Coba Aplikasi Perijinan Online BC Sabang

Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai bidang saat ini sangat memudahkan masyarakat guna memenuhi berbagai macam kebutuhannya. Teknologi informasi tersebut biasanya kita gunakan dalam berbagai macam bentuk aplikasi. Di bidang pemerintahan, saat ini banyak instansi/lembaga berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik, mudah, cepat, akurat, dan transparan kepada masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kemudahan layanan di bidang kepabenan dan cukai kepada pengguna jasa di Kawasan Bebas Sabang, KPPBC TMP C Sabang terus berupaya untuk melakukan otomasi atas berbagai jenis layanan yang diberikan. Pelayanan terbaru yang telah disiapkan oleh KPPBC TMP C Sabang adalah Izin Online BC Sabang (iON-Sabang) yang siap diimplementasikan untuk melayani beberapa jenis permohonan perizinan yaitu izin bongkar, izin muat dan izin timbun di luar kawasan pabean. iON-Sabang adalah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan oleh para pengguna jasa untuk mengajukan permohonan izin sebagaimana tersebut di atas dari tempat masing-masing tanpa harus datang ke KPPBC TMP C Sabang. Aplikasi dimaksud dapat diakses melalui alamat website www.bcsabang.beacukai.go.id/perizinan.

Sebagai tahap awal dan dalam masa sosialisasi, aplikasi dimaksud sesuai dengan Keputusan Kepala KPPBC TMP C Sabang Nomor KEP-49/WBC.01/KPP.MP.01/2019 tentang Penggunaan Aplikasi Pelayanan Izin Online BC Sabang (iON-Sabang) Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sabang telah ditetapkan untuk mulai di uji coba pada tanggal 24 Mei 2019. Pada tahap awal ini sosialisasi dilakukan melalui 2 (dua) metode yaitu pengiriman surat beserta petunjuk penggunaannya kepada para pengguna jasa dan sosialisasi melalui media sosial yang dimiliki KPPBC TMP C Sabang.

Dengan diterapkannya iON-Sabang untuk pelayanan izin bongkar, izin muat dan izin timbun, hal ini berarti telah menambah jumlah layanan yang diberikan oleh KPPBC TMP C Sabang yang dilakukan secara online. Pelayanan secara online sebelumnya yang telah diterapkan adalah Vessel Declaration (VD) untuk kapal wisata asing, CEISA Manifes FTZ untuk pelayanan RKSP dan Manifes serta pembayaran online dengan menggunakan E-Billing. Kedepannya KPPBC TMP C Sabang akan berupaya untuk menambah jumlah pelayanan yang dilakukan secara  online diantaranya PPFTZ-01, PPFTZ-02 dan PPFTZ-03.

Jika terdapat kendala terkait penggunaan aplikasi iON-Sabang dimaksud Saudara dapat menghubungi Kontak Layanan KPPBC TMP C Sabang 08116801225 atau bisa datang langsung ke Kantor KPPBC TMP C Sabang Jalan Diponegoro No. 19 Kota Atas Sabang.