Upacara Peringatan Hari Bea dan Cukai Ke-71

 

1 Oktober ­1946 adalah hari dimana Mesteer R. A. Kartadjoemena diangkat sebagai Kepala Pejabatan Bea dan Cukai pertama. Hari itu merupakan awal tertancapnya tonggak darma bakti bagi negeri. Mengisi kas Negara menjadi tanggung jawab utama yang dibebankan dibahu Bea dan Cukai. Namun, sejak semula tanggung jawab kita tidak hanya tentang penerimaan. Darah patriot yang mengalir ditubuh para pendahulu kita membawa Bea Cukai turut serta dalam penumpasan pemberontakan DI/TII, PRRI/Permesta, PKI, Operasi Dwikora, Penentuan Pendapat Rakyat Irian Barat, hingga Operasi Seroja. Korp Bea Cukai juga melaksanakan tugas-tugas nasional lain seperti distribusi uang rupiah, logistic pemilu, hingga evakuasi korban bencana. Melihat sejarah tidak hanya menghirup masa lalu, tapi mengambil bekal untuk masa depan.

Semangat untuk terus berubah menjadi lebik baik haruslah dijaga. Bahkan untuk menjaga semangat perubahan, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati pun mencanangkan Tim Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai di akhir Desember 2016. Program inovatif yang disusun seperti peningkatan pemberantasan pedagangan illegal, menciptakan praktik layanan bebas pungli dan korupsi demi menjadikan Bea Cukai sebagai intitusi yang kredibel dan dapat dipercaya pengguna jasa masyarakat.

Harapan agar seluruh pegawai dapat bekerja dengan penuh integritas dan totalitas untuk menciptakan iklim perekonomian Indonesia yang sehat dan menyokong tumbuhnya industry dalam negeri yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dengan mengusung tema “Kerja Giat untuk Kesejahteraan Rakyat di Hari Bea Cukai ke-71” mari kita pertahankan dedikasi dan loyalitas kepad negeri. Berbulat tekad untuk terus berbakti pada nusa dan bangsa dengan bekerja giat dan sepenuh hati, serta segenap daya dan upaya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Itulah petikan amanat Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Bapak Heru Pambudi yang dibacakan Bapak Yuda Adi Seno selaku pelaksanan harian Kepala Kantor pada upacara peringatan hari jadi Bea Cukai ke-71 di halaman Kantor Pelayana Bea Cukai Sabang.

Upacara yang diikuti seluruh pegawai dan tenaga pramubakti KPPBC TMP C Sabang berjalan dengan khidmat.

Setelah amanat Inspektur Upacara, dibacakan pula Keputusan Kepala Kantor Wilayah DJBC Aceh tentang Pemberian Penghargaan Pegawai Atas Keberhasilan Menggagalkan Pemasukan Methamphetamine (Shabu) dan MDMA (Ekstasi) di Wilayah Aceh yang mana salah seorang diantaranya merupakan pegawai Kantor Bea Cukai Sabang.

Maju terus Bea Cukai Sabang “Satu Misi Bangga Mengabdi”. “Bea Cukai harus lebih baik”.