Bea Cukai Sabang Permudah Proses Layanan Kepabeanan

Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai bidang saat ini sangat memudahkan masyarakat guna memenuhi berbagai macam kebutuhannya. Teknologi informasi tersebut biasanya kita gunakan dalam berbagai bentuk aplikasi. Di bidang pemerintahan, saat ini banyak instansi/lembaga berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi guna memberikan pelayanan yang terbaik, mudah, cepat, akurat, dan transparan kepada masyarakat.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang melakukan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai sudah memanfaatkan aplikasi online dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Terdapat sistem layanan online dalam bentuk aplikasi yang secara luas sudah dikenal sebagai CEISA (Customs Excise Information System and Automation) yang digunakan oleh DJBC. CEISA tersebut mencakup berbagai macam pelayanan antara lain manifes, impor, ekspor, kawasan berikat, cukai, barang kiriman pos, pembayaran bea masuk dan pajak serta layanan lainnya. Menteri Keuangan mengharapkan penggunaan teknologi informasi secara maksimal bisa mengurangi duplikasi persyaratan dan prosedur, penghematan skala ekonomi, manajemen risiko tepat sasaran, waktu pelayanan lebih efektif, pertukaran data informasi lebih luas serta konektivitas kuat bagi pemangku kepentingan.

KPPBC TMP C Sabang sebagai instansi vertikal DJBC dibawah Kementerian Keuangan yang melakukan pelayanan dan pengawasan di Kawasan Bebas Sabang terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa di bidang kepabeanan dan cukai. Dalam setahun terakhir dengan bantuan dan asistensi Kantor Pusat DJBC, KPPBC TMP C Sabang berupaya keras untuk menambah jumlah pelayanan kepada pengguna jasa dengan menggunakan aplikasi online yang dapat diakses dari tempat masing-masing tanpa harus datang ke KPPBC TMP C Sabang.
Pelayanan terbaru yang diberikan oleh KPPBC TMP C Sabang secara online adalah :
1. Pelayanan terkait pemberitahuan kedatangan kapal atau yang dalam istilah kepabeanannya disebut Rencana Kedatangan Sarana Pengangkut (RKSP); dan
2. Pelayanan Manifes baik Inward Manifes maupun Outward Manifes.
yang dilakanakan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor KEP-229/BC/2018 tentang Uji Coba dan Penerapan Secara Penuh (Mandatory) Penyerahan Pemberitahuan Rencana Kedatangan Sarana Pengangkut, Manifes Kedatangan Sarana Pengangkut, dan Manifes Keberangkatan Sarana Pengangkut di Kawasan Bebas Melalui Aplikasi Sentralisasi Pelayanan Manifes Kawasan Bebas (Ceisa Manifes FTZ).

Selasa, 12 Desember 2018, Bea Cukai Sabang kembali mengadakan Sosialisasi terkait Penerapan Mandatory CEISA Manifes dimana jenis layanan tersebut sebelumnya telah dilakukan Piloting terhadap beberapa perusahaan Agen Pengangkut di Kawasan Bebas Sabang yaitu PT. SEA ASIH LINE dan PT.WINGS ABADI.

Menurut Keputusan Direktur Jenderal dimaksud, jadwal ujicoba dan penerapan secara penuh (mandatory) aplikasi dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Uji coba : mulai tanggal 1 November 2018
2. Penerapan secara penuh (mandatory) : per 1 Januari 2019
Dengan demikian mulai tanggal 1 Januari 2019 pelayanan pemberitahuan RKSP dan Manifes oleh KPPBC TMP C Sabang akan dilakukan secara online. Sebagai persiapan penerapan aplikasi secara online dimaksud, telah dilakukan piloting instalasi aplikasi terhadap beberapa pengguna jasa. Pengguna Jasa yang sudah berhasil melakukan instalasi dan siap menggunakan aplikasi dimaksud adalah PT. Wings Abadi dan PDPS (Perusahaan Daerah Pembangunan Sabang).
Dengan diterapkannya CEISA Manifes FTZ untuk pelayanan RKSP dan Manifes, hal ini berarti telah menambah jumlah layanan yang diberikan oleh KPPBC TMP C Sabang yang dilakukan secara online. Pelayanan secara online sebelumnya yang telah diterapkan adalah Vessel Declaration (VD) untuk kapal wisata asing dan pembayaran online (E-Billing). Kedepannya KPPBC TMP C Sabang akan berupaya untuk menambah jumlah pelayanan yang dilakukan secara online diantaranya PPFTZ-01, persetujuan bongkar dan persetujuan timbun di luar kawasan pabean.
Sebelum tanggal 1 Januari 2019 diharapkan semua pengguna jasa di bidang pengangkutan (agen pelayaran, ground handling, operator sarana pengangkut, penyelenggara pos) yang ada di wilayah Sabang segera berkoordinasi dengan KPPBC TMP C Sabang untuk melakukan instalasi aplikasi serta menerima penyuluhan terkait cara penggunaan aplikasi dimaksud. Pengguna Jasa dapat menghubungi contact center KPPBC TMP C Sabang (08116801225) atau datang langsung ke KPPBC TMP C Sabang.