Focus Group Discussion, Menyelami Potensi Ekspor Sabang

Sebagaimana yang tertuang dalam UU nomor 37 tahun 2000, bahwa terbentuknya Sabang sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang merupakan prioritas utama untuk mengejar pembangunan dan pengembangan Provinsi Aceh sehingga mampu menjadi pendorong dan model pembangunan bagi daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Kawasan Sabang memiliki fasilitas fiskal berupa pembebasan bea masuk, cukai, dan PPN dan PPnBM. Hal ini diharapkan mampu menciptakan industri-industri dimana hasil produksinya tidak hanya untuk kepentingan lokal melainkan dapat di ekspor dan bersaing di Pasar Internasional. Memperhatikan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki, Sabang sangat berpotensi sebagai sumber peningkatan kemakmuran masyarakat dan perekonomian nasional.

Sinergi pemerintah dalam hal ini sangat berperan besar dalam tumbuhnya investasi dan semangat ekspor bagi masyarakat Sabang, oleh karena itu diadakan Focus Group Discussion (27/10) guna mendapatkan gambaran dalam upaya-upaya untuk mendorong giat investasi dan semangat ekspor.

Tema kegiatan Focus Group Discussion (27/10) adalah Menyelami Potensi Ekspor Sabang. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya investasi dan semangat untuk ekspor yang didukung oleh pemerintah selaku fasilitator dan pihak-pihak lain yang terkait. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan sinergi antar Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Wilayah Kawasan Bebas Sabang.