Pemeriksaan Barang Kiriman

Halo Sobat BC Sabang!
Barang kiriman dari luar negeri hingga kini masih membanjiri negara kita. Kemudahan berbelanja melalui e-commerce menjadi faktor utama banyaknya barang kiriman dari luar negeri, mulai dari barang-barang aksesoris hingga barang elektronik. Dalam pemeriksaan terdapat dua cara yaitu dengan pemindaian elektronik (X-ray) dan pemeriksaan fisik oleh pegawai Bea Cukai yang artinya barang kiriman dibuka oleh pemeriksa Bea Cukai.
Lalu, kenapa dilakukan pemeriksaan fisik oleh pejabat Bea Cukai? Ada beberapa alasan, diantaranya adalah:
1. Apabila dari tampilan x-ray dicurigai bahwa jumlah dan jenis barang tidak sesuai dengan dokumen Consignment Note (CN)
2. Apabila uraian jumlah barang, jenis barang dan/atau nilai pabean yang tercantum dalam CN tidak jelas atau tidak dicantumkan
3. Terhadap surat atau dokumen yang dicurigai berisi barang impor
Oh iya, pemeriksaan fisik oleh pejabat Bea Cukai hanya boleh dilakukan apabila disaksikan oleh petugas penyelenggara Pos sebagai wakil dari pemilik barang, loh..
Diharapkan juga agar masyarakat dapat mengerti dan paham terkait proses pemeriksaan barang kiriman, untuk kelancaran proses pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai melalui barang kiriman.