Monitoring HTP Periode Desember 2020

Monitoring HTP Periode Desember 2020
Dalam rangka memantau perkembangan HTP (Harga Transaksi Pasar) produk Hasil Tembakau, Bea Cukai Sabang melaksanakan kegiatan monitoring harga transaksi pasar hasil olahan tembakau di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bea Cukai Sabang untuk memantau perkembangan harga jual eceran sekaligus ajang sosialisasi gempur rokok ilegal kepada para pedagang di wilayah Sabang.
Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari pegawai dari pegawai Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis (PKCDT) juga pegawai Seksi Penindakan dan Penyidikan. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari dari tanggal 07 s.d. 11 Desember 2020.
Petugas melakukan pendataan berupa harga jual eceran, pengidentifikasian pita cukai serta pelekatan pita cukai pada kemasan produk hasil tembakau. Selain itu, sebagai upaya penyuluhan kepada masyarakat, Bea Cukai Sabang juga melakukan pelekatan stiker “GEMPUR ROKOK ILEGAL” agar menjadi pengingat bagi masyarakat luas untuk tidak menjual, menawarkan ataupun mengkonsumsi rokok ilegal.
Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan harga hasil tembakau yang beredar di masyarakat sesuai dengan harga yang tertera dalam pita cukai dan masyarakat mampu memahami jenis rokok legal, dan diharapkan mampu menekan jumlah peredaran rokok ilegal.