BEKALI WAWASAN DALAM IDENTIFIKASI PITA CUKAI, BEA CUKAI SABANG SELENGGARAKAN WORKSHOP IDENTIFIKASI PITA CUKAI 2020

Sabang (17/02/2020) – Bea Cukai Sabang mengadakan kegiatan Workshop Identifikasi Pita Cukai 2020 untuk membekali setiap pegawai dengan pengetahuan mengenai identifikasi pita cukai 2020 di Ruang Rapat Kantor Bea Cukai Sabang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Bea Cukai Sabang. Sebagai pemateri kegiatan ini adalah Jefri Usnaini dan Sondy Akbar.

Memahami tugas dan fungsi DJBC harus selalu ditanamkan pada setiap pegawai DJBC tidak terkecuali Pegawai di Lingkungan KPPBC TMP C Sabang. Salah satu tugas yang dilaksanakan oleh Kantor Bea Cukai Sabang adalah Pengawasan terhadap peredaran Barang Kena Cukai (BKC) Ilegal. Hal ini menuntut setiap pegawai untuk memahami bagaimana mengidentifikasi pita cukai. Terlebih dengan adanya penyesuaian tarif cukai khususnya Cukai Hasil Tembakau melalui Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-152/PMK.010/2019 yakni kenaikan tertimbang tarif sebesar 23% dan HJE sebesar 35%, atas kebijakan tersebut diprediksi akan meningkatkan risiko penyalahgunaan pita cukai serta BKC yang tidak dilekati pita cukai. Selain itu, Menteri Keuangan juga telah memberi instruksi untuk menekan peredaran rokok illegal menjadi 3% di tahun 2020.

Selain penyampaian materi, peserta juga diminta untuk melakukan praktek dengan menggunakan alat-alat identifikasi pita cukai seperti kaca pembesar, sinar uv dan cairan agar peserta materi lebih memahami materi.

Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang pelaksanaan tugas pengawasan, pelayanan dan penyuluhan oleh Kantor Bea Cukai Sabang kepada masyarakat Sabang sehingga masyarakat dapat turut berperan dalam pelaksanaan Gempur Rokok Ilegal.