Peringatan Hari Bea Cukai ke-75

Sabtu (2/10)
Bea Cukai Sabang bersama dengan seluruh Pegawai Bea Cukai di seluruh Indonesia merayakan Hari Jadi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ke-75 yang jatuh pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Kegiatan yang mengusung tema “menampi masa, kumpulkan asa, Bea Cukai untuk Indonesia” ini memiliki makna dan harapan Bea Cukai semakin berupaya menjaga Indonesia semakin melekat padanya, menyediakan masa depan terbaik bagi generasi bangsa di masa depan, serta tetap senantiasi menjadi alat negara dalam menjaga ibu pertiwi.

Acara dilaksanakan secara daring dengan dihadiri langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dan Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Suahasil Nazara. Pada sambutannya, Menteri Keuangan menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada segenap jajaran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai diseluruh Indonesia serta mengingatkan segenap jajaran Agar Terus berkembang berdampingan dengan teknologi agar bisa terus memberikan layanan yang reliable, cepat, dan bisa dipercaya.

 Acara berlangsung meriah dengan berbagai penampilan oleh perwakilan kantor-kantor Bea Cukai di seluruh Indonesia. Kegiatan juga dilanjutkan dengan pembacaan pemenang lomba-lomba hari Bea Cukai serta Pegawai Teladan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dari Berbagai Kategori yang telah di seleksi sebelumnya. Pagelaran akbar ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pamungkas yaitu pemutaran film musikal “Perjalanan Caraka” yang merupakan hasil karya mandiri dari setiap pegawai Bea Cukai di seluruh Indonesia.

“Semangat 75 tahun pengabdian Bea Cukai dalam menjaga dan melayani bangsa Indonesia juga merupakan jati diri dari setiap insan Bea Cukai Sabang. Berbagai upaya telah kami lakukan seperti asistensi kepada pengusaha Industri Kecil Menengah, Pengusaha Perkebunan, serta Pengusaha Perikanan baik itu terkait fasilitas fiskal Kawasan Bebas Sabang, maupun terkait ekspor. Sesuai dengan slogan kita yaitu menampi masa, kumpulkan asa, Bea Cukai untuk Indonesia, Bea Cukai Sabang siap bersama masyarakat membangun perekonomian dan kesejahteraan Kota Sabang”. (Hanif Adnan Zunanto, Kepala Kantor Bea Cukai Sabang)