Sarasehan Pengembangan Perikanan Sabang

Hari ini (06/10/2021) beretempat di aula Kantor Bea Cukai Sabang diadakan acara mempertemukan pengusaha perikanan Sabang, pihak nelayan Sabang yang diwakili oleh Panglima Laot seluruh Sabang dengan pengusaha ekspor perikanan PT Yakin Pasifik Tuna yang dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Sabang Bapak Hanif Adnan Zunanto.

Acara yang bertajuk “Saresehan Pengembangan Perikanan Sabang” ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sabang Bapak Zulfan dan perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Saudara Erwin Hasanuddin. Acara ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan Bea Cukai Sabang dalam rangka peningkatan perekonomian Kota Sabang. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan pelaku perikanan Sabang dan menyamakan persepsi antara pemerintah, nelayan dan pengusaha perikanan terkait arah pengembangan perekonomian Sabang yaitu terkait perikanan.

Dalam penjelasannya Bapak Isnu Iswantoro selaku Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah DJBC Aceh mengatakan bahwa di saat pandemi ekspor merupakan penyokong utama ekonomi, dan pangan (termasuk diantaranya perikanan) adalah sedikit diantara banyak jenis industri yang bisa survive di masa pandemi. Bapak Almer Hafizh selaku CEO PT Yakin Pasifik Tuna menjelaskan potensi perikanan di Aceh sangat tinggi namun pengelolaan skala industri masih sangat minim. Bea Cukai siap fasilitasi PT Yakin Pasifik Tuna membantu nelayan dalam melakukan pembinaan dan pelatihan terkait penangkapan dan pengolahan ikan pasca penangkapan agar harga jual ikan bisa lebih tinggi dan ekspor dapat ditingkatkan.

#beacukairi
#beacukaimakinbaik
#bcsabangsiapwbbm
#dukungekspor
#sabangekspor